top of page

Pabrik Mobil Esemka di Boyolali Mulai Digarap


foto: awal pembangunan pabrik mobil esemka boyolali

Masih ingat mobil karya anak bangsa bermerek ESEMKA?

Ya, setelah mempunyai pabrik pertamanya di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat kini pemerintah melakukan tahap kedua dalam memenuhi janjinya yang akan memproduksi mobil nasional Esemka secara massal. Pabrik kedua yang berada di desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah kini dalam pembangunan. Proses pembangunannya pun sudah mencapai 60% lebih sejak awal tahun ini dibagun. Pemerintah kabarnya juga telah menyiapkan dana sebesar 2,1 Triliun Rupiah untuk membangun proyek mobil nasional di tempat kedua ini. Pabrik yang dekat bandara Adi Sumarmo itu, berdiri di atas lahan 11,4 Hektar dan berstatus sewa selama 30 tahun. Menyewa lahan milik warga desa Demangan, Boyolali dengan harga Rp 1.000/meter dan akan dievaluasi tiap tiga tahun.



Akses Lokasi


Untuk mencapai lokasi pabrik Esemka di Boyolali tidak begitu sulit. Kita bisa mengandalkan GPS dengan nama lokasi "Esemka Id-Assembly". Namun, lebar jalan yang harus kita tempuh relatif kecil (jalan aspal desa dan sebagian jalan semen cor) mengingat keberadaan pabrik tersebut berada di pedesaan dan ditengah-tengah sawah. Beberapa ratus meter sebelum sampai ke lokasi-pun terdapat banyak jalan yang berlubang dan rusak parah.

Meskipun saat ini infrastruktur jalan masih terbilang belum memadai untuk mendukung mobilitas produk mobil, namun Pemerintah Kabupaten Boyolali kabarnya telah menyiapkan dana sebesar 13 Milyar Rupiah untuk memperbaiki jalan tersebut. Jadi, suatu saat akan ada pelebaran jalan, untuk mempermudah akses keluar masuk kendaraan pengangkut produk Esemka. Dan nantinya jalan tersebut akan menjadi jalan utama Solo-Boyolali atau tol Solo-Semarang dan Solo-Ngawi. Ini bisa dianggap sebagai keseriusan Boyolali dalam mendukung Esemka, yang juga nantinya bisa menjadi “ladang pekerjaan” untuk SDM Boyolali dan sekitarnya.



Kapan Selesainya?


Pada pabrik mobil Esemka di Boyolali terdapat dua bagunan utama yaitu, Show Room dan Assembly Hall Stage yang dimana pengerjaannya hampir rampung, menyisakan proses finishing. Dengan demikian, Pembangunan fisik pabrik tahap pertama hampir rampung. Kabarnya, di lokasi itu akan dibangun gedung untuk layanan purna-jual. Karena lokasi tersebut eks-lahan persawahan, tentu dibutuhakan pengerasan dan perataan bidang yang akan memakan waktu cukup lama.


Meski belum ada kepastian dari pihak yang berwenang mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan, tetapi yang jelas satu tahun ini tidak cukup untuk merampungkan semuanya.

Sumber utama: http://www.kompasiana.com/yosepefendi/seperti-apa-kondisi-terkini-pabrik-mobil-esemka-di-boyolali_58909c2265afbd64048b4573

bottom of page