top of page

News Feature "Panduan Penyelamatan Diri Saat Bom Nuklir Jatuh"


Tulisan Feature ini berasal dari halaman VICE-Indonesia. Peluang terjadinya peristiwa macam itu tidak bisa diasumsikan nol persen lho. Engga ada salahnya kan siap-siap. Pakar nuklir membantu kita membayangkan skenarionya.

Link sumber :

Analisis Feature

A. Dari keenam jenis feature yang dikemukakan oleh Wolseley dan Campbell, jenis feature diatas termasuk feature yang mengajarkan keahlian atau How-to-do-Feature.


Adapun enam jenis-jenis feature tersebut, yaitu:

1.Human Interest Feature

2.Hystorical Feature

3.Biographical Feature

4.Travelouge Feature

5.How-to-do-Feature

6.Scientific Feature



B. Kemudian identifikasi sesuai 5W+1H terhadap feature tersebut.

1.What?

Panduan penyelamatan diri saat bom nuklir jatuh.

2.When?

Ketika suatu saat bom nuklir jatuh.

3.Where?

Di kota kita maupun di sekitar kita.

4.Who?

Kita menyelamatkan diri kita masing-masing.

5.Why?

Agar kita bisa bertahan hidup.

6.How?

Ada beberapa panduan di artikel tersebut.


Pada dasarnya, kebanyakan tulisan feature mengarah kepada salah satu atau beberapa dari unsur 5W+1H tersebut. Dan tulisan feature How-to-do lebih mengarah kepada unsur How. Jadi artikel tersebut memuat bagaimana langkah-langkah yang dapat kita lakukan ketika bom nuklir jatuh di kota kita.



C. Pembuka dalam feature tersebut menggunakan sebuah pernyataan atau statement. Berikut pembukanya,


Bom nuklir menganggu pikiran banyak orang akhir-akhir ini karena ketegangan Amerika Serikat dengan Korea Utara semakin meningkat. Bagi lembaga pemerintah dan perencana strategi bencana, bom nuklir selalu dianggap sebagai skenario terburuk ketika perang terjadi. Namun skenario yang dipertimbangkan pemerintah tidak terkait langsung dengan rudal jarak jauh dan pembasmian masal ala Perang Dingin, melainkan kemungkinan peledakan bom nuklir oleh teroris—terutama, bom nuklir sebesar 10-kiloton (KT). Sebagai pembanding, bom nuklir sebesar itu hanya sedikit lebih kecil dari ukuran bom yang diledakkan pemerintah AS di Hiroshima. Kekuatannya setara 5.000 truk bom Oklahoma City (Bom nuklir Korut diperkirakan menyamai ukuran itu pula).



bottom of page