top of page

Di Balik Logo Label Musik DJ Internasional, "Barong Family" (Feature News)




Indonesia memang telah berhasil menarik minat turis mancanegara, khususnya pulau Bali. Bali sangat dikagumi oleh seluruh orang di dunia tak terkecuali. Salah satu artis DJ dari belanda telah menjadikannya inspirasi untuk membentuk sebuah label musik dengan nama 'Barong Family'. Bahkan, logo label musik tersebut juga menggunakan gambar Barong yang berasal dari Bali.


Barong Family sendiri merupakan salah satu label musik DJ terkenal yang dibentuk oleh Yellow Claw dan di distribusikan pertama kali oleh Spinnin' Records. Label musik ini diteribitkan pada Mei 2014 hingga akhirnya memutuskan kontrak dengan Spinnin' Records pada tahun 2015 dan memilih berdiri sendiri sebagai label musik independen sampai saat ini. Yellow Claw mengatakan bahwa mereka ingin membuat label sendiri yang lebih kepada rasa kekeluargaan sesuai dengan nama labelnya, yang mana bukan hanya masalah pekerjaan saja yang dibahas tetapi agar mereka bisa merasakan kedekatan satu sama lain sama seperti halnya dalam suatu keluarga.





Genre atau aliran musik dari Barong Family terkenal keras dan unik. Di dunia Electronic Dance Music dikenal dengan sebutan Genre Trap dan Jungle Terror. Sampai saat ini, Barong Family telah membawahi para artis DJ internasional, antara lain Alvaro, Cesqeaux, Funky Craig, Dirtcaps, Fountain Of Youth, LNY TNZ, Mike Cervello, Yellow Claw, Mightyfools, Moksi, Snavs, Kayzo, Chace, San Holo, Stoltenhoff, The Galaxy, Victor Niglio, Yung Felix, Lil Debbie, Dolf dan Wiwek.


Tidak hanya nama dan logo saja yang membawa budaya dari Indonesia, beberapa DJ dari Barong Family telah menjadikan gamelan jawa dan musik bali sebagai bahan untuk memproduksi karya lagunya. Misalnya Wiwek dan Yellow Claw sendiri, mereka secara langsung merekam dentuman musik gamelan, musik Bali, serta ucapan-ucapan yang menggunakan bahasa Indonesia untuk ditambahkan dalam kreasi lagunya. Contoh lagu terkenal yang membawa budaya Indonesia adalah Wiwek - Global March & Wiwek - How It Goes. Kedua lagu tersebut sangat menonjolkan alunan musik gamelan khas Indonesia dan ucapan-ucapan berbahasa Jawa.


Yellow Claw telah mengakui bahwa dirinya sangat terkesan dengan semua yang ada di Indonesia ini. Mereka sering berlibur serta mengadakan konser dan tour di Indonesia. Kemarin (11/7/17), Yellow Claw telah mengadakan konser di Kota Medan, dan besok akan melanjutkan konsernya di Jakarta. Sebelumnya, Yellow Claw beserta beberapa DJ yang berada dalam Barong Family juga telah banyak mengisi pertunjukan di kota-kota besar, seperti Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang dan pastinya juga Denpasar.


Tak heran jika artis-artis seperti mereka sangat mengaggumi negara kita yang penuh dengan budaya ini. Kita justru patut bangga dan ikut memberikan apresiasi bahwa budaya kita telah dikagumi dan disebarkan oleh mereka keseluruh dunia. Mulai dari barong, dentuman musik khas Indonesia, destinasi wisata dan konser serta logo label musik itu sendiri.


Barong adalah nama dewa yang ada di Bali yang mereka pilih sebagai nama labelnya. Tetapi apa sebenarnya alasan mereka memberi nama label musik tersebut dengan sebutan 'Barong Family'? Alasan sebenarnya adalah karena mereka memiliki rencana kedepan ketika mereka sudah cukup tua dan mampu, mereka akan mengabiskan waktu mereka di Bali.







bottom of page